Kamis, 19 Januari 2012

Lebih Jauh Mengenal ADHD

Adyanews - Bunda mungkin pernah mendengar kata “ADHD”. Namun, Bunda mungkin tidak begitu mengetahui apa dan bagaimana ADHD itu.Attention deficit hyperactivity disorder (ADHD) adalah suatu kondisi yang merenggut  anak-anak dari kemampuan mereka untuk fokus dan dapat  memperhatikan sesuatu. Anak-anak dengan ADHD yang gelisah dan mudah terganggu. Hal ini membuat sulit untuk tetap "pada tugas," apakah itu mendengarkan guru atau menyelesaikan sebuah tugas seperti dilansir dari infobunda.com
Institut Nasional Kesehatan Mental memperkirakan 3% sampai 5% anak-anak menderita ADHD, tetapi beberapa ahli percaya angka itu bisa setinggi 10%.Anak penderita ADHD mempunyai tanda-tanda sulit fokus atau memberikan perhatian terhadap sesuatu, bersikap hiperaktif dan impulsif. Tanda-tanda  yang muncul paling tidak menetap selama 6 bulan. Biasanya muncul sebelum anak berusia 7 tahun, dialami pada 2 atau lebih suasana yang berbeda misalnya di rumah atau di sekolah.
Peran orangtua amat penting bagi anak penderita ADHD. Bagi orangtua harus tahu apakah si kecil memiliki ADHD atau tidak. Seringkali orangtua tidak sabar menghadapi anak yang terlalu aktif. Bedakan antara hiperaktif dan ADHD.  Bila si kecil seringkali terlihat tidak mau menyelesaikan tugasnya jangan langsung memarahinya dengan mengatakan “anak malas” atau “anak bodoh”. Dampingilah mereka dan konsultasikan kepada ahlinya jika ditemui tanda-tanda anak Anda memiliki ADHD.(nb)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar