Senin, 30 Januari 2012

Cara Memilih Makanan Sehat untuk Balita

Adyanews - Memilih makanan untuk Balita (bayi di bawah lima tahun) itu memang gampang-gampang susah, banyak makanan yang diproduksi oleh pabrik-pabrik makanan untuk anak-anak dan balita, tetapi tidak ada yang bisa memastikan apakah makanan-makanan tersebut memiliki dampak pada kesehatan atau tidak.

Balita dan anak-anak biasanya menyukai makanan yang manis dan gurih, sehingga mereka akan langsung memilih kue manis, donat atau snack kaya karbohidrat dan kaya perasa buatan daripada jenis makanan sayuran. Padahal kita tahu mana yang lebih sehat. Jangan menyalahkan mereka, karena yang harus kita ubah adalah menu makanan mereka. Buatlah menu yang cocok dengan lidah dan selera mereka.

Menjaga balita dari kelebihan gula, garam dan kalori sudah menjadi tugas kita sebagai orang tua. Agar kandungan nutrisi yang dibutuhkan balita tidak hilang, ada baiknya jika kita mengolah sendiri makanan sehat ini. Tidak sulit membuatnya, asal tau resep dan cara membuatnya, kita pasti bisa menyajikan menu-menu lezat ini. Jika masih bingung memilih jenis makanan apa, berikut ini adalah beberapa tips memilih makanan untuk balita :

Bubur sayur: Buatkan bubur sayur yang rendah lemak dan bebas perasa buatan. Campur sayur seperti wortel, brokoli, kembang kol dengan plain yogurth, bawang putih, perasan lemon, sedikit garam, merica dan madu. Sehat dan alami.

Omelet telur: Balita pasti suka dengan menu sederhana ini. Telur kaya dengan protein yang baik untuk masa pertumbuhan balita. Omelet ini juga membantu si balita kenyang lebih lama. Pilih telur ayam kampung untuk menu omelet ini.

Potongan blueberry dan yogurt: Balita tidak akan menolak makanan yang lezat dan lembut ini. Buah blueberry segar kaya akan vitamin C dan antioksidan. Yogurt kaya protein dan mineral. Keduanya bisa membuat daya tahan tubuh balita tetap terjaga.

Potongan apel segar yang dioles ke selai kacang: Ini adalah menu yang lezat. Apel yang 'kres' dicampur dengan gurih selai kacang. Apel kaya vitamin C dan vitamin A. Selai kacang kaya dengan protein dan lemak baik. Lebih baik lagi jika kita  membuat sendiri selai kacang ini agar tidak banyak mengandung gula.

Sereal dari gandum dan susu: Menu ini adalah kesukaan anak-anak dan kaya serat. Campur sereal, susu dan beri potongan kecil buah segar seperti strawberry atau apel. Pastikan kita memilih sereal yang tidak memakai banyak gula dan pemanis buatan. Jika si kecil merasa sereal ini kurang manis, beri sedikit madu.

Campuran pisang dan alpukat: Perpaduan manis pisang dan gurih alpukat akan membuat balita Anda suka. Dengan kandungan serat yang tinggi, kandungan kalium pada pisang baik untuk menjaga kesehatan buah hati Anda. Jangan takut dengan lemak nabati pada alpukat, ini baik untuk menjaga kesehatan jantung si kecil.

Roti tawar gandum dan selai keju: Daripada memilih roti tawar warna putih, pilih roti tawar yang terbuat dari gandum utuh. Jenis ini lebih kaya serat dan lebih sedikit kalori dibanding dengan roti tawar putih. Selai keju kaya akan protein, pilih yang rendah garam. Bisa juga kita oles dengan selai strawberry atau selai kacang buatan sendiri.

Smoothies: Minuman lembut ini tidak akan ditolak oleh balita. Blender buah kesukaannya dengan plain yogurt, tambahkan sedikit gula. Ini jauh lebih sehat daripada jus yang dijual dalam kemasan.
Dengan banyaknya menu, nutrisi yang sehat untuk balita dapat terjaga. kita juga bisa menjadikan menu di atas sebagai menu yang sehat untuk kita dan seluruh keluarga.

Asupan makanan yang kaya akan gizi sangat diperlukan balita dalam masa pertumbuhannya, pilihlah menu makanan yang sehat dan jangan membiarkannya memilih makanan-makanan siap saji, karena itu sangat buruk untuk gizi balita. 
 
sumber : Ballista.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar