Jumat, 03 September 2010

9 Cara Mengasuh Anak Sehat

Adyaraka - Sebagai orangtua, anda adalah guru kesehatan bagi anak anda. Ini adalah 9 rekomendasi untuk membantu anda melakukan pekerjaan penting ini.Bayi anda memerlukan checkup reguler sebelum berumur 2 tahun. Setelah 2 tahun, dokter anak anda akan merekomendasikan jadwal checkup yang sesuai dengan anak anda. Setelah checkup ini, dokter mencatat perkembangan dan pertumbuhan anak anda. Checkup dapat membantu dokter untuk menyoroti permasalahan lebih awal. Checkup juga waktu yang tepat untuk menanyakan tentang bagaimana cara memelihara kesehatan anak anda.

1. Pilihlah ASI daripada susu botol.
Dengan menyusui akan membuat bayi anda lebih sehat . ASI memberikan semua nutrisi yang dibutuhkan bayi baru lahir. Dan juga mempunyai antibodi yang membantu bayi melawan infeksi/peradangan pada bayi. Riset menunjukkan bayi yang diberi ASI mengalami lebih sedikit infeksi/peradangan telinga dan alergi dan lebih sedikit yang terkena diare.

2. Bersikap bijaksana: berikan vaksin.
Imuniasi melindungi anak anda dari penyakit serius, seperti campak, batuk rejan, dan radang hati. Anak harus mendapatkannya sebelum berumur 2 tahun. Tetapi anak yang lebih tua dan remaja juga memerlukan vaksin tertentu. Bicarakanlah dengan dokter untuk mencari tahu imuniasi yang dibutuhkan anak anda dan kapan harus memberikannya.

3. Bawa anak untuk checkup.
Bayi anda memerlukan checkup reguler sebelum berumur 2 tahun. Setelah 2 tahun, dokter anak anda akan merekomendasikan jadwal checkup yang sesuai dengan anak anda. Setelah checkup ini, dokter mencatat perkembangan dan pertumbuhan anak anda. Checkup dapat membantu dokter untuk menyoroti permasalahan lebih awal. Checkup juga waktu yang tepat untuk menanyakan tentang bagaimana cara menjaga kesehatan anak anda.

4. Mulailah merawat gigi lebih awal.
Ajari anak anda tentang kepedulian pada gigi saat mereka bayi. Bahkan saat gigi pertama tumbuh, sekalah gusinya dengan kain basah yang bersih setelah pemberian makan. Saat gigi pertama tumbuh, mulailah penyikatan. Mulailah dengan menggunakan serat halus secepat mungkin saat gigi tersentuh. Saat anak mulai mulai menyikat gigi mereka sendiri, yakinkan bahwa mereka sedang melakukan hal yang baik. Karena membiarkan makanan dalam gigi dapat menimbulkan kebusukan gigi, ajarkan anak untuk menyikat gigi setelah makanan. Botol yang berisi susu atau sari buah dapat juga menyebabkan kebusukan. Jadi, jangan biarkan anak tidur dengan botol. Jika memungkinkan, sapihlah/hentikan anak anda dari botol saat berumur 1 tahun. The American Dental Association merekomendasikan untuk membawa anak anda ke dokter gigi dalam enam bulan saat tumbuh gigi pertama dan tidak lebih dari 1 tahun

5. Keselamatan adalah yang terpenting.
Ini adalah beberapa aturan dasar keselamatan:
* Simpan Obat dan produk kimia rumah tangga dari jangkauan anak anda.
* Jangan meninggalkan anak anda, terutama ketika mereka ada di luar, dekat jalan, atau dekat air.
* Pastikan anak anda memakai helm saat bersepeda.
* Jika anda mempunyai senjata di dalam rumah, pastikan dikosongkan dari peluru dan amankan.

6. Jaga anak anda dari asap.
Jika anda merokok, berhenti merokok adalah salah satu hadiah terbesar yang dapat anda berikan pada anak anda (dan diri anda sendiri). Anak yang hidup dengan perokok, akan lebih sering batuk dan pemulihannya lebih lamban. Asap rokok meningkatkan resiko anak pada infeksi/peradangan telinga, bronkitis, radang paru paru, infeksi/peradangan berhubungan dengan pernapasan bagian atas, dan asma. Sebagai tambahan, bayi yang secara teratur terkena asap, memiliki resiko kematian lebih tinggi. Untuk kesehatan anak anda, dan kesehatan anda sendiri, hilangkan kebiasaan merokok.

7. Berikan makanan sehat.
Gizi yang baik, penting untuk pertumbuhan badan. Anak di bawah 2 tahun mempunyai kebutuhan gizi khusus. Saat berumur 5 tahun, diet anak harus serupa dengan diet orang dewasa yaitu banyak mengkonsumsi buah-buahan, sayur-mayur, dan gandum, dan rendah lemak, gula dan daging. Untuk membuat anak makan secara sehat dengan mudah, berikan aneka pilihan makanan bergizi. Biarkan mereka membantu memilih makanan apa yang harus dibeli. Untuk meningkatkan kebiasaan makan sehat, jangan paksa anak untuk makan atau membatasi makanan.

8. Olahraga.
Anak yang aktif adalah anak yang sehat. Anak harus aktif secara fisik setiap hari. The U.S. Department of Agriculture's Dietary Guidelines for Americans merekomendasikan untuk berolahraga, anak perlu berolahraga selama 60 menit setiap hari. Olahraga reguler meningkatkan kebugaran cardiovasculer dan kesehatan secara menyeluruh. Anda dapat memilih olahraga renang, bersepeda, dan berjalan, yang dapat dinikmati seluruh keluarga.

9. Pelihara kesehatan kulit anak.
Pakaian anak seharusnya terbuat dari bahan tenun dan topi yang melindungi wajah, leher, dan telinga. Untuk menghindari sengatan matahari yang paling keras, jadwal bermain di luar harus sebelum pukul 10 siang atau setelah pukul 4 sore.  moms n family hot advice….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar